SBY: Usut Tuntas "Gayus" ke Luar Negeri

on Rabu, 05 Januari 2011
JAKARTA,- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar dugaan terdakwa korupsi pajak Gayus HP Tambunan ke Singapura, Kuala Lumpur, Malaysia, dan Makau, diselesaikan
.
Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (5/1/2010). "Presiden meminta itu diusut tuntas. Kalau ada yang melanggar dan bertindak di luar aturan yang ada, segera ditindak," kata Djoko. 

Saat ini, sambungnya, pihak Kepolisian tengah menyelidiki agenda kepergian mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak golongan III A itu ke luar negeri. Sementara itu, Kementerian Hukum dan HAM tengah menyelidiki dugaan suap terhadap petugas kantor imigrasi.

Sebelumnya, Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum berharap Kepolisian, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan penegak hukum lainnya, memiliki kemampuan untuk mendapatkan informasi tentang apa yang dilakukan Gayus di luar negeri. 

"Penegak hukum dapat menggali informasi dengan siapa dia bertemu, lalu apa kegiatannya di sana. Apakah ini berkaitan dengan rekening dan deposito yang dia miliki. Sebab, sekarang ini kemungkinan-kemungkinan itu banyak sekali. Ada juga kemungkinan bahwa Gayus tidak berdiri sendiri. Tapi, saya tidak mau berspekulasi," kata anggota Satgas Mas Achmad Santosa.


Kabar mengenai dugaan Gayus pergi ke Singapura pertamakali diungkapkan pembaca Harian Kompas, Devina, dalam surat pembaca di Harian Kompas. Selanjutnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar, juga menyampaikan, pihaknya menemukan orang bernama Sony Laksono dengan foto mirip Gayus memaki wig dan kacamata pergi ke Makau dan Kuala Lumpur, Malaysia.

Sumber : Kompas

0 Comment:

Posting Komentar